Jenis – Jenis Ikan Mas Konsumsi

barracudaessen.com,- Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan sudah tersebar luas di berbagai daerah Indonesia. Ikan mas ini sebenarnya datang dari Cina, Eropa, Jepang dan Thaiwand pada 1920-an. Untuk pulau Jawa sendiri penyebaran ikan mas dimulai sekitar abad 20an. Dalam bahasa latin ikan mas di sebut Cyprinus carpio. Tubuh ikan memiliki sirip punggung yang keras dan panjang sedangkan sirip ketiga dan keempat berbentu gerigi.

Ikan mas termasuk pada golongan ikan pemakan segala atau disebut omnivora. Kebiasaan mencari makan ikan mas ini mengaduk – aduk dasaran kolam dengan mulutnya dengan begitu banyak yang menjuluki ikan mas sebagai pemakan dasar (bottom feeder). Pada habitat aslinya, ikan mas slalu berada pasa sisi sungai atau danau sambil mencari ikan – ikan kecil sebagai sumber makanannya.

Mengenal Jenis – Jenis Ikan Mas Konsumsi Indonesia

Jenis - Jenis Ikan Mas KonsumsiBerikut ini ada 7 jenis ikan mas konsumsi yang ada di Indonesia. Dimana ikan mas ini sudah banyak di budidayakan oleh para petani. Ikan mas merupakan raja dari ikan air tawar, karena dari kalangan muda sampai tua tau dengan ikan yang satu ini. Harganyapun bersahabat di pasar.

1. Ikan Mas Punten

Jenis pertama ikan mas ini dikembangkan di Desa Punten, Malang, Jawa Timur pada tahun 1993. Ciri pertama yang sering menjadi khasnya adalah bertubuh pendek tetapi memiliki punggung tinggi dan lebar. Sehingga bentukan ikan mas punten bulat pendek (big belly). Memiliki warna sisik hijau gelap, mata sedikit menonjol dan dalam gerakan sedikit lambat di bandingkan dengan jenis ikan mas lain.

2. Ikan Mas Sinyonya

Mungkin untuk Anda yang merasa bahwa ikan mas ini namanya cukup unik yaitu ikan mas sinyonya, kenapa dinamakan ikan mas snyonya, karena ada sebagian orang yang menyebutkan bahwa ikan mas jenis ini mudah bertelur sehingga disebut sinyonya. Memiliki tubuh yang panjang dan punggungnya lebih rendah di bandingkan dengan ikan mas punten. Warna sisiknya kuning muda atau kuning pucat. Uniknya lagi, ikan mas nyonya ini ketika muda matanya agak menonjol dan pada saat menginjak tua, matanya akan mulai menyipit.

Karakter ikan mas sinyonya lebih jinak dan kalem di bandingkan dengan ikan mas punten dan memiliki kebiasaan berkumpul atau berkeloni di permukaan air bersama kawan- kawannya.

3. Ikan Mas Taiwan

Ciri khas yang di miliki ikan mas taiwan ini yaitu bentuknya panjang dan punggung seperti busur sedikit membulat. Warna sisiknya hijau kekuningan sampai kuning kemerahan. Ikan mas taiwan memiliki sikap yang responsif terhadap makan, sehingga akan saling berubutan pada saat di beri makan atau menemukan makanan.

4. Ikan Mas Merah

Jenis ikan mas merah ini memiliki ciri khas yang kentara yaitu sisiknya yang berwarna merah keemasan. Dalam mecari makan, ikan mas merah sangat aktif dan paling suka mengauk – ngaduk dasaran kolam. Di bandingkan dengan ikan mas sinyonya, ikan mas merah mempunyai tubuh yang paling panjang. Untuk punggung agak rendah dan memiliki mata yang agak menonjol.

5. Ikan Mas Majalaya

Ikan mas ini dinamakan ikan mas majalaya, tentunya dikembangkan di desa Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ciri – cirnya yaitu mempunyai badan pendek, punggung yang membungkuk dan lancip jika di bandingkan dengan ikan mas lain. Sifat yang dimiliki ikan mas majalaya ini yaitu jinak dan suka berenang di permukaan air. Memiliki warna sisik yang hijau keabuan dan bagiakn ekor atau tepi berwarna gelap, sedangkan bagi bawah sirip ekor dan insang berwarna kekuningan.

Ada keunggulan tersendiri dari ikan mas majalaya ini yaitu laju pertumbuhannya relatif cepat, taha terhadap hama atau bakteri yang menyerang dan rasa dagingnya enak, gurih tidak kalah dengan ikan lainnya.

6. Ikan Mas Lokal

Ikan mas lokal yang satu ini sudah banyak ditemukan di lapangan dan paling banyak di kenali masyarakat dan petani Indonesia di bandingkan dengan jenis –  jenis ikan mas lainnya.

7. Ikan Mas Yamato

Untuk ikas mas satu ini sangat jarang di temukan di wilayah Indonesia karena ketidak populerannya ikan mas yamato di kalangan petani. Kebanyakan ditemukan atau dibudiyakan pada wilayah Asia Timur seperti China dan Jepang. Memiliki tubuh yang panjang dan sisik yang berwarna hijau kecoklatan.

Itulah jenis – jenis ikan mas konsumsi yang harus anda coba. Tidak hanya di konsumsi, ikan mas – ikan mas di atas sering dipakai ajang lomba memancing. Sekian dan terimakaih atas kunjungan anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!