Umpan Lumut Ikan Tawes

Umpan Lumut Ikan Tawes ~ Ikan tawes adalah salah satu jenis ikan air tawar yang penting dan populer sebagai ikan konsumsi. Habitat/kehidupan ikan tawes berada pada sungai, anak – anak sungai dan waduk, dengan air yang tenang menggenang. Memiliki sifat herbivora yaitu memakan tumbuh – tumbuhan. Ikan ini dapat di manfaatkan untuk pengendalian gulma sir yang sudah di teliti sejak dulu.

Umpan Lumut Ikan TawesDi jaman sekarang, ikan air tawar terutama ikan tawes tidak hanya untuk di konsumsi saja, tetapi di jadikan ajang perlombaan oleh para pemancing dengan hadiah yang tidak main – main. Biasanya perlombaan yang ramai di kunjungi yaitu perlombaan harian, kilo gebrus, galatama. Dalam perlombaan tersebut tentunya akan mendapatkan pesaing yang berbeda dengan keahlian yang berbeda pula.

Untuk menangkan perlombaan tersebut, harus memiliki umpan jitu yang dapat dengan cepat menyambar umpan. Salah satu rahasia para pemancing handal dalam memenangkan kontes mancing tersebut yaitu menggunakan essen sebagai perangsang atau pemicu agar ikan dapat mendekat dan memakan umpan yang di buat. Salah satu umpan andalannya yaitu umpan lumut ikan tawes jitu.

Jenis – Jenis Lumut Jitu Untuk Mancing :

Lumut Hijau/Kopyok

Lumut ini memiliki bentuk seperti rambut dengan tekstur halus atau kasar licin. Warnanya hijau pekat atau hijau tua. Banyak tumbuh di kolam dan sawah dengan air yang tenang.

Lumut Jaring

Bentuk yang dimiliki pendek dan juga kasar. Mirip dengan jaring karena saling bertautan tidak terarah/kusut. Biasanya warna hijau kekuningan. Terdapat pada aliran air sawah atau empang.

Lumut Tambak

Bentuk yang dimiliki lumut tambak hampir sama dengan lumut jaring yaitu saling bertautan memiliki tekstur agak kasar dan tebal. Warnanya juga hijau kekuningan. Biasanya tumbuh di tambak air payau atau karang pinggir laut yang memiliki ciri khas aroma agak wangi.

Lumut Merah

Lumut merah mempunyai bentuk pendek dengan tekstur halus dengan warna merah kecoklatan. Biasanya berada pada sungai yang airnya mengalir terus – menerus. Sayangnya lumut merah ini berada pada daerah tertentu saja.

Cara Menggunakan Umpan Lumut Ikan Tawes Paling Manjur :

  1. Cari lumut yang masih segar dan fresh. Memiliki warna hijau pekat cerang yang menandakan lumut tersebut sudah tua. Biasanya lumut berada di sungai yang aliran airnya cukup deras atau di pesawahan yang banyak air menggenang.
  2. Gunakan kail pancing yang kecil, agar memudahkan dalam pemasangan umpan lumut dan juga pas pada saat di makan oleh ikan tawes.
  3. Umpan lumut bisa digunakan secara alami (hanya lumut saja) atau bisa juga dengan campuran lainnya. Biasanya para pemancing liar sering mencampurkan dengan bahan lain. Contohnya dengan cacing atau pelet.
  4. Menggunakan umpan lumut ikan tawes dari sawah biasanya di campurkan dengan essen aroma pandan agar bau wangi yang di keluarkan essen dapat menarik perhatian ikan.
  5. Umpan lumut ini lebih efektif digunakan saat aliran air tidak terlalu deras dan keruh. Sedangkan pada titik spot danau atau waduk, berada pada pinggirannya yang tergenang air.

Penggunaan umpan lumut ikan tawes di atas merupakan metode paling mudah dan jitu rekomendasi para pemancing yang sudah banyak pengalaman dalam mencing di alam terbuka. Untuk itu kami rekomendasikan essen barracuda yang berkualitas premium dengan hanya penggunaan 3 – 5 tetes saja dengan cepat bekerja dalam merangsang ikan supaya mendekat dan memakan umpan Anda.

Itulah beberapa jenis lumut dan cara menggunakan umpan lumut ikan tawes ampuh dan jitu yang dapat Anda gunakan. Dengan begitu Anda tidak kebingungan lagi mencari cara bagaimana agar umpan lumut Anda bisa di makan tanpa henti oleh target. Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi para pecinta mancing untuk pemula ataupun yang berpengalaman. Salam Mancing Mania Mantap!

Salam Strike! | Umpan Lumut Ikan Tawes | barracudaessen.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!